Cerita Ijazah Penuh Drama

Udah wisuda tapi belum dapat ijazah? Taiwan banget.

Ingat terakhir kali aku post tentang wisuda 6 juni 2020 yang lalu? Dan tahukah, aku baru mendapatkan diploma atau ijazah pada tanggal 31 agustus minggu lalu. Rentang waktunya lama sekali bukan? Ya, Taiwan memang lucu, aku tidak harus selesai kuliah dulu untuk dapat mengikuti wisuda. Wisudaku tanggal 6 Juni 2020, ujian akhir semesterku jatuh pada akhir Juni, aku sidang thesis tanggal 14 Juli dan officially dapat diploma (a.k.a pengangguran) tanggal 31 Agustus. Itupun dapat setelah melewati banyak drama haha.

Ada banyak alasan mengapa ijazahku lama sekali aku dapatkan, salah satunya adalah beasiswa. Jika aku sudah mengurus leaving campus (prosedur untuk meninggalkan kampus NCKU, being no longer a student) tepat setelah aku sidang, itu berarti aku tidak akan mendapatkan beasiswa untuk bulan Juli dan Agustus. Dan itu berarti, sayang sekali, membiarkan uang sebanyak 5.000 NTD lepas dari genggaman. Selanjutnya, aku kehilangan fokus untuk segera menyelesaikan thesisku, lantaran keburu cemas belum dapat kerja setelah sidang. Yang satu ini tentu jangan ditiru. Di masa – masa itulah aku sibuk membuat CV dan resume yang tidak selesai selesai dan sibuk mencari loker tanpa benar benar meng-apply. Sebuah pelarian karna terlalu malas untuk menyelesaikan revisi.

Revisi tuntas, lantas leaving campus menanti untuk diselesaikan

Revisiku tuntas, di akhir agustus. Tepat setelah mendapatkan acc dari prof, aku segera mengurus proses upload thesis ke ETDS NCKU, dengan bantuan librarian yang baik dan sabar karena proses aplikasiku yang error sampai 3x haha. Dan, proses approval thesis membutuhkan waktu 2-3 hari. Di hari Jumat, 28 Agustus 2020 aku mendapatkan panggilan bahwa aku akan diinterview oleh perusahaan Fugro Indonesia untuk posisi geotechnical engineer di hari Senin 31 Agustus 2020. Well, I quite surprise, karna aku melamar posisi tersebut pada bulan Mei, dan bahkan aku sudah lupa dengan lowongan kerja itu. FYI, tanggal 31 juga aku harus pergi ke Taipei untuk mengikuti summer camp oleh NCDR Taiwan (semacam badan penanggulan bencana di negara ini) yang diselenggarakan hingga tanggal 4 September 2020.

Mengingat posisi thesisku belum diapprove, dan aku akan menghadiri 2 agenda penting minggu depan, akhirnya dengan bantuan librarian, mereka memberikan suggestion agar aku mengirim email kepada ETDS untuk memprioritaskan proses review thesisku, tentunya dengan mengirimkan bukti dua kegiatan yang akan aku ikuti di beberapa hari ke depan. Untungnya, librariannya baik, aku mendapatkan email approval di hari sabtu. Yey! Alhamdulillah.

Approved! Tirimikisi ETDS NCKU ❤

Hari minggu 30 Agustus, aku bersama teman labku, Eating, pergi ke digital printing untuk mencetak thesis kami. Total 5 eksemplar untuk professor, perpus departemen, perpus NCKU, dan perpus nasional Taiwan, dan yang terakhir untukku. Thesisku dapat diambil pada tanggal 31 Agustus, pukul 10 pagi, sementara punya Eating akan dia ambil beberapa hari kemudian, karena dia harus mengikuti seminar di luar kota.

Hari penentuan, the most hectic day!

Tanggal 31 Agustus, hari penentuapun tiba. Pagi itu, aku sudah sampai di perpustakaan NCKU, lengkap dengan koper merah untuk dibawa ke Taipei. Setelah mengambil thesis, menyelesaikan prosedur leaving campus mulai dari Departemen, Perpus NCKU (yang ternyata file licenseku salah! dan harus diedit kembali!), ISAD dan yang terakhir Registrar division. Dan di tempat terakhirlah aku mendapatkan ijazahku. Selembar kertas yang selama ini ibuku pertanyakan keberadaannya. Huft.

Ijazah Master Degree dari NCKU, Welcome pengangguran!

Tidak selesai disitu, aku disadarkan oleh kakak tingkatku, kak Afifah, bahwa ARCku akan expire pada tanggal 7 September 2020, dan itu berarti aku harus mengurus extent ARC paling lambat pada hari Jumat, 4 September 2020, hari terakhir summer camp. Setelah disadarkan oleh beliau, akhirnya aku pergi ke kantor imigrasi bermodalkan paspor dan ijazah yang kubawa. Petugas ARC menerima permintaanku, dengan catatan, hari senin minggu depan aku harus kembali membawa dokumen yang kurang lengkap; kontrak apartemen dan pas foto.

Usai dari kantor imigrasi, aku menghadiri full time job interview perdanaku, yang sayang sekali, tidak bisa aku katakan sukses. Lain kali akan aku ceritakan bagaimana pengalaman job interview untuk posisi geotechnical engineer perdanaku, barangkali pembaca ingin tahu. Selepas interview, aku pergi menemui kak Afifah, yang kebetulan kami sama – sama mendapatkan kesempatan untuk ikut summer camp NCDR tersebut, dan THSR, menjadi sarana transportasi kami menuju Taipei.

Lesson learnt

Dengan begini, berakhirlah sudah cerita ijazahku di NCKU. Truly, honestly, unexpected dan penuh drama. Yang tentu akan berbeda jika aku lebih “prepared” dan tidak mudah menyepelekan sesuatu, aku bukan menyesal (lantaran aku memang orangnya jarang menyesal) karena ceritaku yang pelik dan seperti tidak pernah luput dari sport jantung, tapi aku menyayangkan di umurku yang sudah 22 tahun ini, aku masih belum bisa menjadi pribadi yang “well prepared” yang tidak terburu – buru. padahal aku sendiri tahu bahwa Allaah tidak suka dengan hambanya yang terburu – buru. Doakan aku menjadi pribadi yang lebih baik, ya!

Aku sedih, iya. Karena melihat diri sendiri seperti tidak pernah belajar dari masa lalu. Maka dengan itu, aku menulis, sebagai catatan untuk duniaku di masa yang akan datang, sebagai rekaman digital bahwa aku pernah bodoh, dan selalu ingin belajar menjadi lebih baik. Malu sih, karena dibaca dengan banyak orang, tapi ya sudahlah, hitung – hitung menyadarkan mereka bahwa hal jelek ini, cukup aku saja yang mengalami, mereka jangan.

Semoga, urusan kalian untuk mendapatkan ijazah, dilancarkan oleh Allaah yah, kalopun ternyata lebih sulit dan lebih hectic dari ceritaku, semoga Allaah kuatkan pundak kalian untuk tetap semangat menyelesaikan apa yang sudah kalian mulai:D

Salam penuh cinta,

Tri Kurnia R.J

23.50 Taipei Time
Ditulis di meja belajar apartemen baru -yang lokasinya persis di samping jalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s